PELAKSANAAN MODEL INQUIRY SOSIAL MATA PELAJARAN SOSIOLOGI DALAM MEMOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPS


Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan model inquiry sosial pada mata pelajaran sosiologi dalam memotivasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan bentuk penelitian deskriptif. Hasil dari penelitian menunjukkan pelaksanaan model inquiry sosial pada mata pelajaran sosiologi kelas XI IPS terlaksana dengan baik yaitu guru menyampaikan topik pembelajaran, menyampaikan tujuan pembelajaran serta guru menyampaikan langkah-langkah pelaksanaan model inquiry sosial. Guru mendorong siswa dalam perumusan masalah, perumusan hipotesis, membantu siswa dalam mengumpulkan data serta merumuskan kesimpulan. Motivasi siswa yang terlihat yaitu Siswa aktif selama proses pelaksanaan proses belajar dengan siswa merespon positif pertanyaan guru serta siswa terdorong dalam merumuskan masalah yang dibahas. Terlihat antusias dari siswa dalam mencari, mengumpulkan serta memilah data yang sesuai dengan  permasalahan. Siswa berani untuk bertanya, mengeluarkan pendapat serta siswa dilibatkan aktif dalam perumusan kesimpulan.
Kata Kunci: Model Inquiry Sosial, Pelajaran Sosiologi, Motivasi  Belajar Siswa
Penulis: Nirwan, Amrazi Zakso, Rustiyarso
Kode Jurnal: jppendidikandd170325


Comments